Directioners
Best Song Ever


Hi. I'm Directioners. Are you? Please follow my blog and enjoy here. Don't open my page source codes. Thanks!

Entries About Linkies Stuff


One Thing


Chatbox Code Here

Meet My Friends

Elzyan Zone by Zyan
Mrs.Muzadi by Bunda
Celoteh Adinda by Dinda
Roctobermom by Tante Trully
Lazuardi Cordova My School


Kiss You


Template : Zahra & Faradina
Code : Intan Aqilah
Helped : OneD


Dampak Buruk Layar Kaca

Saya mau share sebuah kuis yang akan menilai seberapa sadar sih orang tua terhadap dampak buruk yang diakibatkan dari terlalu seringnya anak kita menonton televisi dan atau bermain game didepan layar kaca (PC dan televisi).
Kuis ini menarik hati saya karena my little unyun sejak kecil sangat tertarik dengan TV, dampaknya jangan ditanya, diusia yang seharusnya shazma sudah mulai melatih kemampuan verbalnya ternyata Shazma sudah ketinggalan dibandingkan dengan teman sebayanya, dan saya yakin 80% adalah dampak dari TV, karena TV adalah media yang pasif Shazma hanya menyerap informasi tapi ia tidak diajak untuk aktif, dan 20% sisanya selain lingkungan ditempat tinggal kami tidak ada anak2 dan keluarga lain (dirumah Shazma hanya ber-2 dengan pengasuhnya), juga orangtua Shazma yg bekerja, ditambah lagi pengasuh Shazma yg memang kami akui tidak aktif merangsang kemampuan verbal Shazma, walhasil diusia 2 tahun 4 bulan kemampuan verbal Shazma hanya sampai tahap menggumam, dan ini juga yang pada akhirnya menjadi alasan kuat bagi kami untuk menyekolahkan Shazma.
Akhir akhir ini Shazma lagi seneng senengnya manteng didepan kompi dirumah, awalnya karena games yang shazma mainkan sepertinya positif jadi saya malah mendukung Shazma, tapi belakangan saya rada khawatir, karena Shazma mulai terlihat sangat menikmati berlama lama "melototin" kompi,
saya jadi bertanya tanya apakah tindakan saya membiarkan Shazma berlama lama main dan dengan interval yang lumayan sering itu baik atau tidak yah?? selain itu kekhawatiran lain adalah radiasi dari komputer.
Untuk mengurangi dampak negatif bermain games, saya & ayahnya Shazma hanya mengijinkan ia bermain games di PC pada malam hari saat kami dirumah agar bisa kami dampingi, dan tentu saja maksimal hanya 1 jam (kelamaan gak sih???) hehe..

Berikut kuis yang saya kutip dari sebuah tabloid, yang dibuat untuk menilai seberapa "pintar"nya orangtua membatasi anak menonton teve, main komputer, dan video game,
1. Pada usia berapa anak-anak mulai meniru kebiasaan yang mereka lihat di televisi atau video?
a. 14 bulan
b. 2 tahun
c. 3 tahun

Jawaban yang benar:
a Menirukan gaya dari apa yang mereka lihat di teve dan video dimulai sejak usia dini dan berlangsung lama (dalam kasus-kasus tertentu bahkan sampai dewasa). Apalagi anak-anak kecil tidak dapat membedakan antara fantasi dan dunia nyata. Bagi mereka, apa yang dilihat adalah nyata. Untuk beberapa alasan, para ahli menyarankan agar anak di bawah usia 2 tahun dilarang menonton televisi maupun video, kecuali di bawah pengawasan orangtuanya.

2. Kapan anak-anak memperagakan adegan kekerasan yang mereka tiru dari teve?
a. Saat tayangan malam
b. Hari Sabtu/Minggu pagi pada saat film kartun ditayangkan

Jawaban yang benar:
b Penelitian menunjukkan, saat menonton film kartun di Sabtu/Minggu pagi, anak-anak bisa memperagakan sampai 26 peran keras per jam, sedangkan mereka hanya meniru sekitar 5 peran keras per jam dari tayangan malam. Kekerasan dalam film kartun tampak nyata dan mengerikan. Bahkan anak balita pun sudah pandai meniru kebiasaan karakter favoritnya.

3 . Menurut ahli komunikasi, sebaiknya berapa jam dalam sehari orang tua membatasi anak menonton teve, film, video/komputer game?
a. 1 sampai 2 jam
b. 2 sampai 3 jam
c. 3 sampai 4 jam

Jawaban yang benar :
a Ahli komunikasi menyarankan agar anak usia 2 tahun ke atas harus dibatasi 1-2 jam per harinya untuk menonton teve, main video/komputer game. Bahkan anak usia di bawah 2 tahun disarankan tidak menonton teve sama sekali.

4. Apa dampak negatif berada di depan layar teve/komputer selama lebih dari 4 jam per hari? a. Anak-anak berisiko memiliki berat badan berlebihan.
b. Anak-anak berisiko meminum alkohol, memakai narkoba, dan melakukan hubungan intim pada usia dini.
c. Anak-anak yang waktunya lebih banyak dihabiskan di depan teve mempunyai minat baca yang kecil dan nilai akademik yang rendah. Dalam bersosialisasi, mereka punya lebih banyak masalah dengan teman-teman sebaya dan hobinya tidak sebanyak anak-anak yang menghabiskan waktunya lebih sedikit di depan teve.
d. Semua jawaban di atas benar

Jawaban yang benar:
d. Teve memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan anak. Membatasi jumlah jam menonton TV dapat mengurangi dampak negatif.

5. Sebagai orang tua, cara terbaik untuk membantu kebiasaan anak menonton teve dan bermain komputer secara sehat adalah dengan cara:
a. Beri penjelasan pada anak mengenai jenis game, program-program, bahkan stasiun TV mana yang baik ditonton keluarga Anda. Jelaskan secara sederhana, semisal karakter-karakter di dalam film tersebut sangat berarti untuk satu sama lain tetapi mereka tidak berusaha mencari jalan keluar yang terbaik untuk mengatasi masalah mereka.
b. Menonton bersama anak dan membahas film yang ditonton. Pada usia ini mereka belum bisa membedakan antara fantasi dan kenyataan atau antara karakter asli dan tiruan. Jelaskan perbedaannya kepada mereka dan diskusikan masalah serta jalan keluar yang sedang dihadapi oleh karakter-karakter tersebut.
c. Beri contoh yang baik. Bila Anda membiasakan diri membatasi kebiasaan menonton dan memilih program secara hati-hati, anak akan terlatih untuk melakukan hal sama. Jelaskan kepada anak-anak untuk melakukan hal yang sama.
d. Semua jawaban di atas benar.

Jawaban yang benar:
d Membatasi film-film yang ditonton, menonton bersama-sama dengan anak dan menjadi pemirsa yang bijak, menghambat anak-anak Anda mendapat dampak negatif dari teve, video, dan komputer.

6. Pada usia sedini apa anak siap menggunakan komputer?
a. 2 tahun
b. 3 tahun
c. 5 tahun

Jawaban yang benar, minimal berdasarkan hasil konsesus:
b Banyak ahli berpendapat, anak-anak usia di bawah 3 tahun lebih baik bermain dengan mainan yang "konstruktif" seperti balok atau mainan lain. Sebaiknya di usia dini ini, mereka dilatih berinteraksi dengan teman sebaya juga orang dewasa. Para ahli juga melihat, anak-anak yang masih kecil akan bermasalah dalam penggunaan keyboard komputer dan belum mengerti simbol-simbol yang muncul pada layar komputer. Anda tidak perlu merasa harus mengenalkan komputer lebih awal pada si kecil. Nanti, saat tiba waktunya, mereka akan belajar cara menggunakan komputer dengan cepat, kok.

7. Penelitian menunjukkan, menurut para pemasang iklan, anak-anak menjadi konsumeris pada usia:
a. Masa kanak-kanak
b. 3 tahun
c. 5 tahun

Jawaban yang benar:
b Menurut sebuah penelitian, usia termuda yang dituju para produsen dan pemasang iklan dalam memasarkan produknya adalah anak-anak usia 3 tahun.

8. Berapa persentase iklan makanan yang tidak sehat yang ditayangkan pada hari jam tayang program anak-anak (misalnya permen, makanan ringan dengan MSG, dan makanan cepat saji)? a. 50 persen
b. 75 persen
c. 90 persen

Jawaban yang benar:
c Selama jam tayang anak-anak, mayoritas iklan makanan adalah mengenai makanan tak sehat alias junk food.

9. Sejak tahun 2000, semua pabrik teve memasang alat khusus yang bisa "mengunci" program yang menayangkan seks dan kekerasan.
a. Betul
b. Salah

Jawaban yang benar:
b Hanya produk tertentu yang dilengkapi alat pengaman tersebut. Yang jelas, taruh pesawat teve di ruang keluarga dan jangan pernah menaruhnya di kamar anak.

JUMLAH & ARTI JAWABAN:
Bila Anda memperoleh 7 jawaban benar: Selamat dan teruskan usaha baik yang telah Anda lakukan! Secara umum Anda telah melakukan hal yang benar terhadap kebiasaan anak menonton teve dan sadar akan bahaya atau dampak buruk teve, komputer, serta video game. Teruskan usaha baik ini untuk memberi standar yang lebih tinggi lagi terhadap pemakaian televisi. Baik untuk anak maupun Anda sendiri karenanantinya keluarga tercinta akan memetik benih positif yang telah Anda tanam dan tekankan.
Bila memperoleh 5 sampai 6 jawaban benar: Lumayan, tapi Anda harus segera menyadari dampak negatif dari alat-alat elektronik ini terhadap anak-anak. Lakukan sekarang juga sebelum anak-anak bertambah besar. Dan jangan lupa, perhatikan pula pengaruh kebiasaan menonton Anda. Soalnya, tindakan lebih penting daripada kata-kata.
Bila memperoleh jawaban yang benar kurang dari 5: Anda mungkin membiarkan anak-anak menonton teve atau main game/komputer sesuka mereka dan tak ada yang "mengawasi" dengan baik soal kebiasaan itu. Ingat, intinya adalah mengetahui kelebihan dan kekurangan penggunaan media elektronik bagi anak-anak dan menetapkan peraturan standar dalam keluarga Anda. Selebihnya, tinggal menjalankannya sesuai aturan tersebut.

Notes: kuis/article taken from here

Labels: